• Mei 12, 2024

Karomah Masyhur Syekh Abdul Qodir al-Jailani: Dapat Berjalan di Udara hingga Memerintah Angin

Allah SWT menganugerahkan mukjizat kepada para utusan-Nya untuk mendukung kebenaran kenabian/kerasulan seorang nabi/rasul. Mukjizat diberikan kepada nabi dan rasul untuk melemahkan musuh-musuhnya yang meragukan kebenarannya.

Selain kepada nabi dan rasul, Allah SWT juga memberikan karomah kepada hamba-hamba pilihan-Nya. Karomah adalah kejadian luar biasa yang diberikan bukan kepada nabi dan rasul. Mereka yang memiliki karomah biasanya berasal dari kalangan wali.

Salah satu waliyullah yang diyakini memiliki banyak karomah adalah Syekh Abdul Qodir Al-Jailani. Ia merupakan seorang wali besar yang lahir pada abad 5 Hijriah atau 11 Masehi.

Sirah perjalanan atau manaqib Syekh Abdul Qodir sering dibaca oleh umat Islam, terutama kalangan Nahdliyin. Di dalamnya terdapat kisah-kisah phenixsalonsuitesmn.com semasa hidup Syekh Abdul Qodir, termasuk karomah-karomahnya.

Beberapa karomah Syekh Abdul Qodir terdapat dalam buku Karomah Syaikh Abdul Qodir Al-Jailani yang ditulis M. Zainuddin. Mengutip Laduni.id, berikut ini di antara karomah-karomah Syekh Abdul Qodir yang masyhur.

Karomah-Karomah Syekh Abdul Qodir Al-Jailani

  1. Berjalan di Udara

Dikisahkan oleh Imam Al-Khattab, bahwa Syekh Abdul Qodir Al-Jailani pernah memberikan ceramah agama. Saat itu, tiba-tiba beliau selangkah demi selangkah menaiki udara yang seakan-akan ada tangganya. Kejadian itu disaksikan oleh para jamaah yang hadir.

  1. Jin Ketakutan pada Syekh Abdul Qodir

Suatu saat ada seseorang yang kesurupan, kemudian dibawa kepada Syekh Abdul Qodir. Sebelum tiba di rumah beliau, ternyata orang tadi sudah sembuh, karena jin yang merasuki takut saat mendengar nama Syekh Abdul Qodir Al-Jailani.

  1. Menghidupkan Bangkai Ayam

Suatu ketika, Syekh Abdul Qodir Al-Jailani berada di warung, kemudian ada seorang wanita menantang beliau agar menunjukan kewaliannya. Namun, saat itu beliau tidak mau, tidak lain adalah karena ketawadhuannya yang merasa bahwa dirinya hanyalah orang biasa.

Setelah itu, ternyata wanita tadi melempari beliau dengan bangkai ayam. Maka, seketika itu Syekh Abdul Qodir Al-Jailani mengambil bangkai ayam yang dilempar tersebut dan berdoa kepada Allah. Dan ternyata bangkai ayam tadi bisa hidup kembali.

  1. Berpuasa Sejak Bayi

Saat masih bayi Syekh Abdul Qodir Al-Jailani tidak pernah minum air susu ibunya ketika memasuki Bulan Ramadhan. Beliau turut berpuasa dan tidak ingin makan apapun, meski saat itu beliau masih bayi.