• Januari 29, 2024

Pak Cak Imin Jelasin Soal Rencana Bangun 40 Kota Setara Jakarta

Pak Cak Imin Jelasin Soal Rencana Bangun 40 Kota Setara Jakarta

Calon wakil presiden nomer urut 1, Muhaimin Iskandar menjelaskan, rancangan membangun 40 kota di Indonesia setara Jakarta bukan untuk membangun kota dari nol. Jika terpilih, ia mengatakan, pemerintah akan menambahkan insentif kepada kota-kota kecil yang ada selagi ini agar sanggup maju layaknya Jakarta.

Cak Imin menilai anggaran pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang jumlahnya sekitar Rp 400 triliun sanggup menambahkan sbobet88 efek pembangunan lebih merata jikalau dibagikan ke 40 kota kecil yang udah terbentuk.

“Sehingga 5 tahun udah menuju (seperti) Jakarta, andaikata Rp 400 tirliun dibagi 40 kota, itu 1 kota mendapat 10 triliun,” ucap dia di Semarang, Minggu (24/12/2023). Beberapa kota yang hendak dibangun, layaknya Banjarmasin, Kalimantan Selatan; Balikpapan, Kalimantan Timur; dan Pontianak, Kalimantan Barat.

“Kasih Rp 5 triliun saja kecepatannya ininya (pembangunan) melaju, agar lima tahun ada kemajuan. Kita anggap indikator kemajuannya minimal menuju Jakarta,” katanya. Indikator kemajuan yang dimaksud layaknya infrastruktur air bersih, transportasi umum sampai fasilitas pendidikan.

“Yang paling pokok transportasi umum, public transport itu prioritas, murah, nyaman, integrasi, satu kesatuan,” tandasnya.

Soal Bangun 40 Kota, Anies: Agar Tak Perlu Mengulangi Masalah di Jakarta

Calon presiden nomer urut 1, Anies Baswedan menyebut keliru satu alasan program pembangunan 40 kota selevel Jakarta agar kota-kota di Indonesia tak mengulang persoalan yang berjalan di Ibukota.

Program membangun 40 kota yang udah eksis selagi ini bertujuan untuk membesarkan kota-kota yang akan terus berkembang di era depan dengan cara buat persiapan transportasi umum dan bervariasi prasarana urbanisasi lainnya.

“Kita idamkan bangun transportasi umum, kami idamkan bangun sistem, distribusi air yang baik, pengolahan sampah yang baik, agar (40) kota-kota yang dikembangkan ini tidak mesti mengulang persoalan yang ada di Jakarta,” ujar Anies selagi ditemui di Semarang, Jawa Tengah, Minggu (25/12/2023).

Anies mengatakan, Jakarta mempunyai permasalahan yang kompleks akibat urbanisasi. Misalnya saja fasilitas menggerakkan warga yang sebabkan kemacetan tiap tiap hari. Namun Jakarta baru {beberapa|sebagian|lebih dari satu} dekade terakhir membangun transportasi publik yang layak.

Begitu juga distribusi air bersih yang sampai selagi ini tetap jadi pekerjaan rumah, khususnya untuk Jakarta lokasi utara. “Kalau itu dilakukan lebih awal (di 40 kota) makanya distribusi air ada, pengolahan sampah ada dan transportasi kebanyakan ada,” ucapnya.

Baca Juga : Jokowi Sebut Biden Tak Respons Isu Palestina: Mungkin Masih Ditampung

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga menyebut, 40 kota yang akan dikembangkan selevel Jakarta ini akan jadi kota modern di sesudah itu hari. Salah satu indikatornya adalah transportasi umum yang terintegrasi dan enteng diakses oleh masyarakat.

“Ada {beberapa|sebagian|lebih dari satu} ahli menyebut sebuah kota maju dan modern andaikata mempunyai transportasi umum dan andaikata warganya pakai transportasi umum,” ucapnya. Dia juga membantah membangun 40 kota bukan artinya membangun dari nol.

Prinsip pembangunan 40 kota selevel Jakarta adalah dengan menambahkan insentif pembangunan ke kota-kota kecil. “Itulah yang idamkan kami lakukan. Bukan sebabkan dari lahan baru jadi kota baru. Bukan. Kita lihat justru dengan membangun itu Insya Allah pemerataan akan terjadi,” tandasnya.