• Februari 2, 2023

Ancol Terinspirasi dari Disneyland? Ini Sejarahnya!

Tahukah kamu kalau ternyata Ancol merupakan objek wisata yang terinspirasi dari Disney Land? Ancol merupakan objek wisata yang berada di Jakarta Utara dan sudah berdiri sejak tahun 1968.

Sebelumnya, di tahun 1954, Presiden Pertama Republik Indonesia, Ir Soekarno mengunjungi Disney Land yang berada di Amerika Serikat. Kala itu ia menaiki salah satu wahana yang ada di taman hiburan tersebut. Sejak itu, Seokarno ingin untuk Indonesia memiliki taman hiburan yang serupa. Akhirnya, terbentuk Taman Impian Jaya Ancol yang sampai saat ini masih menjadi tempat hiburan pilihan masyarakat Indonesia.

Sebelum didirikannya Ancol, ternyata ada sejarah cukup kelam yang tersimpan.  Di masa pendudukan Jepang, Ancol merupakan tempat yang digunakan untuk melakukan eksekusi dan kuburan massal untuk mereka yang menentang para tentara Jepang.

Lalu di tanggal 14 September 1846, para korban ini banyak yang dimakamkan di Pemakaman Ancol. Pemakaman tersebut terdiri lebih dair 2.000 korban. Meski demikian, setelah Indonesia merdeka dan Jakarta mulai berbenah, Ancol kini diubah menjadi kawasan wisata.

Seperti yang sebelumnya disebutkan, Ancol merupakan taman hiburan yang terbentuk karena keinginan Soekarno. Saat itu ia tengah menikmati salah satu wahana yang berada di taman hiburan yang ada di Amerika, Disneyland.

Saat itu ia mengendarai Dumbo, wahana yang saat itu paling menarik di Disneyland, Amerika. Selama kunjungannya, ia sangat menikmati waktunya dan juga menunjukkan kegembiraan yang sama seperti putranya, Guntur.

Selama tiga pekan di Amerka Serikat, Soekarno banyak mengunjungi tempat hiburan yang ada di sana. Berawal dari sanalah Soekarno tertarik untuk memiliki taman hiburan yang serupa. Di tahun 1960, proyek pembangunan Ancol pun dimulai.

Dengan melalui Keputusan Presiden mengenai Panitia Pembangunan Proyek Ancol dan Peraturan Pemerintah No. 51 Tahun 1960. Soekarno menunjuk Soemarno Sosroatmodjo yang merupakan Gubernur DKI Jakarta pada saat itu sebagai pelaksana pembangunan untuk Proyek Ancol. Lalu ada juga Soekardjo Hardjosoewirjo, tokoh yang ikut berperan penting di dalam proyek Ancol.

Ia merupakan sosok yang bertugas dalam membuat konsep surat-surat presiden mengenai kepanitiaan pembangunan Proyek Ancol, mengurus surat-surat hukum, anggaran biaya, dan juga memperjelas mengenai berkas keorganisasian pelaksaan dari proyek Ancol itu sendiri.

Setelah satu bulan kemudian, Soekardjo ditugaskan untuk menjadi pelaksana lapangan dalam mempersiapkan pembangunan Proyek Ancol.

Kebutuhan biaya dalam membangun proyek tersebut tergantung kepada peminjaman dana dari Swasta, hal ini karena kontraktor yang ad di dalam negeri tidak memenuhi kriteria dari segi teknis, apalagi untuk pembiayaan.

Yang ditunjuk untuk menjadi kontraktor proyek Ancol ini berasal dari Prancis, yaitu Compagnic Industriale de Travaux (Citra). Setelah proses pembangunan berjalan, proyek ini barus selesai dibangun pada bulan Februari 1966.

Terdapat beberapa wahana yang ada di Ancol, seperti Pantai dan Taman, Dunia Fantasi atau Dufan, Atlantis Water Adventure, Ocean Dream Samudra, Sea World, Putri Duyung Cottages, dan Gondola. Setiap wahana ini menawarkan keseruan berbeda yang menjadikan Ancol sebagai salah satu tempat wisata terbaik yang bisa kamu kunjungi di Jakarta.